Kamis, 07 Februari 2013

Catatan Jerman : Memburu Makanan Halal di Deutschland




Oleh : Lisa Tjut Ali



Kalau mengembara atau merantau ke negara- negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Brunnei Darussalam, mungkin tidak susah mencari produk-produk halal atau restoran yang sajikan menu halal. Negara-negara tersebut selain masih serumpun dengan Indonesia yaitu rumpun melayu juga mayoritas penduduknya muslim. Umumnya Negara-negara yang penduduknya banyak muslim, akan  membuat logo halal di setiap produk. Logo halal ini biasanya di keluarkan oleh Jabatan Agama atau Majelis Ulama Islam setelah di lakukan pemeriksaan terhadap produk-produk tersebut. Jika di Indonesia setiap produk halal di periksa oleh MUI begitu juga di Malaysia  ada JAKIM yang memeriksa halal tidaknya produk. Insyaallah  dengan ada pemeriksaan tersebut  masyarakat muslim aman untuk konsumsi produk-produk yang ada logo halal. 

Berbeda dengan di Jerman yang mayoritas penduduknya non muslim sehingga sangat sukar membedakan mana makanan yang halal atau tidak, karena setiap produk tidak di buat label halal. Untuk menentukan halal mestilah  teliti melihat komposisi bahan yang di gunakan apakah ada unsur  babi dan alkohol, atau bertanya langsung pada petugas. Tentu saja hal ini sangat sukar untuk kita lakukan jika ingin belanja cepat-cepat dan banyak barang yang mesti di beli. Apalagi kalau  makan di restoran, pelayannya pasti tak punya waktu kalau kita banyak bertanya sementara pelangan lain yang lagi ngantri di belakang kita masih banyak , jadi cara aman dan sehat ya mesti masak sendiri, tuing-tuing………, loh kok pada diam kalau di saranin masak sendiri. hehehehe……saya  ngerti kok, saya kan ibu rumah tangga juga, serajin-rajinnya kita wanita pasti kadang-kadang muncul mood 3M alias mood malas masak, apalagi kalau lagi datang bulan (haid) bawaannya pasti pingin ke matahari  (shopping) aja setiap hari, hahahaha………

Halloooooooooooooooo emak-emakkkkkkk jangan takut dech, walau di jerman banyak non muslim namun kita masih bisa kok memburu makanan halal di restoran-restoran turki. Tahu tak? Rupanya 2,4% masyarakat Jerman berasal dari Turki, dan diperkirakan yang menganut agama islam di Jerman sekitar 5,2 %.  Walau jumlah muslim dan orang turki tidak terlalu banyak, namun ada sebahagian dari mereka yang membuka swalayan-swalayan dan restoran yang menyediakan menu halal. Hore……… Berarti ada peluang menikmati makanan luar nih…….wuahaaaaaah……….hehehehe…..(* pasang muka senang) pluuukkkkkkkk.….ga boleh sering-sering ga masak entar cepat miskin loe, wanita mesti rajin-rajin biar di sayang suami (* hati baik mengingatin). Iya dehhhhhh !!! sekali-sekali aja makan di luar (* akur dengan hati).

Untuk dapat menikmati makanan halal di jerman, mestilah rajin-rajin memburu lokasi-lokasi restoran dan swalayan Turki, pemburuan dapat dilakukan dengan google maupun meninjau langsung ke TKP (Tempat Kejadian Perkara), hehehehe......... kayak kasus aja. Ini ada beberapa lokasi hasil buruan saya,  restoran maupun swalayan yang menjual menu atau produk halal.

Di Forum dekat Duisburg
Disitu ada satu restoran turki restoran ini menjual Doner, kebab, pizza turki, dll. Di pintu restoran ini ada tertera label halal. Ini adalah tempat favoritku penjualnya sangat baik dan ramah, karena kami sering beli di sana, mereka jadi sangat kenal aku dan suami. Kalau kami makan di sana sering dapat bonus, bahkan pernah beli dua roti tapi dapat bonus roti sampai 3-5 roti yang masih panas dan gurih.

Di Hochfel
Restoran Mr. Chicken
Restoran ini menjual berbagai jenis hambuger berlabel halal. Hore…….masih bisa makan burger juga di Jerman. Di Jerman Mc. Donald, KFC, Pizza agak ragu makan sebab tak ada label halal. Jadi cari dan makan yang pasti-pasti aja dech

Restoran Sultan Sarayi
Ini juga restoran kegemaranku, selain masakannya sedap-sedap penjualnya juga sangat baik dan lucu. Di sini ada di jual variasi makanan, bahkan ada menu bola-bola bakso yang di masak dengan kentang, wortel, bunga kol, dan kuahnya seperti kari yang biasa orang turki atau Jerman makan dengan roti.  Sedappp……..apalagi dengan cuaca dingin dan lagi rindu bakso tanah air, pokoknya sedap dech.  Menu disini variasi antara resep Turki dan Jerman, karena penjualnya orang Jerman yang sudah menikah dengan orang Turki dan masuk Islam sejak 16 tahun yang lalu. Aku suka kemari karena di sini selain bisa menikmati menu jerman dan turki secara halal, restoran ini juga dekat dengan rumahku. Saking langganannya aku dan suami sering dapat paket hemat alias makan roti, bakso, kentang, teh turki, salad atau sayuran tapi waktu bayarnya penjual hanya suruh bayar untuk bakso kuah kari aja sedang yang lainnya free ( * rezeki. Padahal kalau harus bayar untuk teh turki  saja harganya segelas sampai 1 euro. " Terima kasih. Danke Sultan Sarayi. Insyaallah  pasti datang lagi kalau kumat malas masak, heheehe….."


Ini Dia Restoran Sultan Sarayi


Penjual Yang Ramah 


Menu Favorit Saya Di Restoran Sultan Sarayi



Doner Turki Di Gemari Jerman



Pom Doner berisi Ayam, Daging sapi, Kentang dan Salad



Doner Daging



Kurabiye Kue Khas Turki Sedap Dengan Segelas Cay Saati


Sop Turki Di Makan Dengan Roti


Selain restoran diatas juga ada beberapa swalayan yang menjual produk-produk halal. Ini dia swalayan halal hasil buruan saya tapi tetap selektif juga lihat komposisi.


Baskent Market
Swalayan ini lokasinya dekat dengan Paulus kirche. Di sini menjual daging sapi, daging ayam, ikan, daging kambing, domba, kalkun, sosis, nugget yang  ada sertifikat halal. Di sini selain menjual  biskut, minyak zaitun, kurma, rempah-rempah, sayur dan buah segar juga ada menjual beras. Untuk produk biskut, coklat, permen sebaiknya tetap lihat komposisi karena ga ada label halal pada produk impor turki. Di swalayan ini pun saya sudah jadi langganan tetap, saking sering nanyak saat nimbang sayur atau buah, saya jadi sering dapat bonus juga di sini, malah pernah beli pisang dapat bonus anggur, apel, delima yang masih bagus.  Asyikkk………rezki lagiii, memang orang yang merantau banyak rezeki.

Toko Asia
Kalau pingin produk Indonesia juga terdapat di took-toko asia. Di toko asia juga lengkap produk Indonesia walau harga sedikit lebih mahal. Ya iya lah namanya juga udah jadi produk impor. Namun untuk belanja ke toko asia  mesti ekstra selektif karena di toko tersebut selain juga menjual produk Indonesia juga ada menjual produk-produk Negara asia lainnya tampa label halal. Bahkan ada beberapa toko asia yang menjual produk babi (* toko asia     di jerman menjual barang –barang asia baik yang halal maupun non halal)
Yang penting seleksi, belilah hanya produk-produk yang ada label dan komposisi halal, yang pasti-pasti aja!

Btw di toko asia ini juga ada tauge, tempe, kelapa, beras tapi harganya hehehehe………………kalkulator sendiri.

Nak jangan takut ke jerman, ada juga kuliner yang sedap dan halalkan ?
Tapi kalau mau yang lebih sedapppppppp dan halal dan pingin nasiiiiiiiii? Jawabannya : Masak sendiri.






21 komentar:

  1. agak repot ya kalau keluar harus mencari makanan halal

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nie .....karena jerman kan negara minoritas muslim.....beda dgn di indonesia (Aceh) kalau malas masak banyak tempat boleh di cari menu......heheheehe...........

      Hapus
    2. saya mengucapkan banyak terimakasih kepada MBAH KABOIRENG yang telah menolong saya dalam kesulitan,ini tidak pernah terfikirkan dari benak saya kalau nomor yang saya pasang bisa tembus dan ALHAMDULILLAH kini saya sekeluarga sudah bisa melunasi semua hutang2 kami,sebenarnya saya bukan penggemar togel tapi apa boleh buat kondisi yang tidak memunkinkan dan akhirnya saya minta tolong sama MBAH KABOIRENG dan dengan senang hati MBAH KABOIRENG mau membantu saya..,ALHAMDULILLAH nomor yang dikasi MBAH KABOIRENG semuanya bener2 terbukti tembus dan baru kali ini saya menemukan dukun yang jujur,jangan anda takut untuk menhubungiya jika anda ingin mendapatkan nomor yang betul2 tembus seperti saya,silahkan hubungi MBAH KABOIRENG DI nomor barunya 085=260=482=111 mohon maaf MBAH KABOIRENG telah ganti nomor soalnya nomor yang satunya tidak bisa dipergunakan lagi dan ingat kesempat tidak akan datang untuk yang kedua kalinga dan perlu anda ketahui kalau banyak dukun yang tercantum dalam internet,itu jangan dipercaya kalau bukan nama MBAH KABOIRENG KLIK TOGEL 2D 3D 4D 6D DISINI













      saya mengucapkan banyak terimakasih kepada MBAH KABOIRENG yang telah menolong saya dalam kesulitan,ini tidak pernah terfikirkan dari benak saya kalau nomor yang saya pasang bisa tembus dan ALHAMDULILLAH kini saya sekeluarga sudah bisa melunasi semua hutang2 kami,sebenarnya saya bukan penggemar togel tapi apa boleh buat kondisi yang tidak memunkinkan dan akhirnya saya minta tolong sama MBAH KABOIRENG dan dengan senang hati MBAH KABOIRENG mau membantu saya..,ALHAMDULILLAH nomor yang dikasi MBAH KABOIRENG semuanya bener2 terbukti tembus dan baru kali ini saya menemukan dukun yang jujur,jangan anda takut untuk menhubungiya jika anda ingin mendapatkan nomor yang betul2 tembus seperti saya,silahkan hubungi MBAH KABOIRENG DI nomor barunya 085=260=482=111 mohon maaf MBAH KABOIRENG telah ganti nomor soalnya nomor yang satunya tidak bisa dipergunakan lagi dan ingat kesempat tidak akan datang untuk yang kedua kalinga dan perlu anda ketahui kalau banyak dukun yang tercantum dalam internet,itu jangan dipercaya kalau bukan nama MBAH KABOIRENG KLIK TOGEL 2D 3D 4D 6D DISINI


      Hapus
  2. salam kenal Mbak Lisa, kunjungan balik nih :)

    jadi lumayan banyak juga ya penyedia masakan halal di sana? :)
    ada masakan Padang gak ya disana? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih..........Masakan padang belum ada........hehehe......padahal pingin kali masakan padang nie........sedap dgn rasa pedas-pedasnya apalagi klo cuaca dingin........hehehe............

      Hapus
  3. Wahhh.... infonya bermanfaat nih mbak Lisa.
    Kalau di Kairo lebih gampang lagi nyari Indonesian food, yang jualan mahasiswa2 Indonesia di sini..

    Eh makasih ya udah mampir ke blogku.. tapi maaf mbak komennya tadi nggak sengaja kehapus gara2 OLnya pake HP :(

    Salam persahabatan ya mbak... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih ya...... saya pingin juga nie bisa ke kairo........salam persahabatan juga........

      Hapus
  4. wah, mba lisa di jerman ya? sekarang lg dingin banget ya mba disana?? brrr........ hehe.. sama mb, saya di jepang jg susaahh cari makanan halal. mau ga mau ya masak sendiri,, hihi... tp berkat itu saya jd jago masak haha... *keplakk*
    salam kenal mb lisa... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lisa di Jerman........brrr Jerman memang lagi banyak2nya turun salju. wah asyik ya di Jepang, lisa juga pingin kesana. memang biasanya orang yang diperantauan pandai2 masak krn sering masak......hehehe.........salam kenal juga.......mampir2 lagi ya

      Hapus
  5. wahh seru ya di jermannn .. salam hangat dr ruwaiss

    BalasHapus
    Balasan
    1. menikmati suasana baru mbak, trima kasih ya sudah mampir

      Hapus
  6. wahh seru ya di jermannn .. salam hangat dr ruwaiss

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi pesannya sama dengan yg diatas ya mbak

      Hapus
  7. wah jadi bersyukur tinggal dijogja bisa makan gudheg tiap hari...:) ampe enegh..salam kenal mbak lisa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mbak, jogja memang masakannya sedap2 ya mbak, jadi pingin ke jogja

      Hapus
  8. wah menu favoritnya ternyata yang pedas-pedas.. sama dengan saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak saya favorit dengan masakan pedas dan asin, makanya sambal terasi dan ikan asin makanan spesial saya, hehehhe

      Hapus
  9. berada di negeri orang, bila bertemu dengan penjual yang ramah dan gokil...jadi menyenangkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul2 dimana klo penjualnya ramah dan baik pasti banyak pembelinya, hehehe apalagi klo dapat bonus gratis

      Hapus
  10. pelayan ramah, selain ramah juga gokil, dapet aja lagi mbak fotonya :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pelayan di restoran ini sangat baik2, jadi betah makannya

      Hapus


Jangan lupa masukannya untuk perbaikan tulisan di masa yang akan datang.

oya semua foto-foto di sini punya saya pribadi, bagi sahabat yang ingin share foto-foto atau tulisan dalam blog ini, boleh saja tapi jangan lupa bagi tahu saya dulu sekalian nulis source.

Terima kasih karena telah mampir ( * _* )