Senin, 15 Juli 2013

Catatan Turki : Memburu wisata popular di Istanbul

                                                                                                      Oleh : Lisa Tjut Ali



Ada beberapa objek wisata yang sangat popular yang selalu menjadi incaran para pengunjung bila ke Istanbul, diantaranya Blue Mosque, Hagia Sophia, Hippodrome, Topkapi palace, Bosporus Cruise, Taksim squre, Grand Bazaar, spice Bazaar, Dolmabahce palace, Kabatas dan Harem. Rasanya belum lengkap kalau ke Istanbul tidak dapat mengunjungi objek wisata tersebut.

Blue Mosque
Mesjid Sultan Ahmed ( Sultanahmet Camii) atau di kenal dengan Mesjid biru merupakan salah satu mesjid yang sangat popular di Istanbul. Mesjid ini di bangun pada tahun 1609-1616 masa pemerintahan Sultan Ahmed 1 ( sultan Ahmed 1 adalah sultan Turki Ustmani yang memerintah dari tahun 1603-1617). Mesjid ini selain sebagai tempat ibadah ummat Islam, juga di buka bebas bagi para wisatawan non muslim yang ingin berkunjung untuk melihat keindahan interior mesjid.

Mesjid-mesjid di Istanbul umumnya mempunyai peraturan tertentu saat masuk ke mesjid, seperti dalam meletakkan sepatu, pengunjung di haruskan untuk melepaskan sepatu dan memasukannya ke dalam kantong plastik yang telah tersedia di pintu utama., lalu sepatu yang telah diberi plastik dapat dibawa masuk ke dalam dan diletakkan dalam rak sepatu yang telah disediakan dalam mesjid.


Tempat plastik untuk sepatu disalah satu mesjid di Istanbul

Biasanya di Mesjid pengunjung yang ingin memberi sumbangan (sedekah) dapat memberikannya pada petugas yang ada di pintu utama, setiap sumbangan akan diberi tanda terima (resit) sesuai dengan jumlah sumbangan.

Dimana alamat mesjid ini?
Mesjid ini beralamat di At Meydan─▒  No:7, 34122 Fatih, ─░stanbul, Turki. Tepatnya di kawasan area Sultanahmed. Berhadapan dengan Hagia Sophia dan berdampingan dengan Hypodrome

Bagaimana cara ke Mesjid ini?
Untuk pergi ke lokasi ini, pengunjung yang memilih penginapan di area Sirkeci, Old city, sultanahmet dan beyazit, dapat menuju ke lokasi mesjid dengan cara berjalan kaki sekitar 5-15 menit, selain dapat menghemat biaya transportasi juga dapat menikmati suasana kota dan pertokoan di Istanbul. Namun bagi yang ingin naik transportasi, dapat naik tram dijalur biru tua (TI) dan turun di halte sultanahmed, dari halte akan terlihat mesjid biru ini. Bagi pengunjung yang melalui Bandara Attaturk, dapat menuju ke lokasi Sultanahmed dengan mengunakan taxi, kalau ingin irit biaya dapat mengunakan transportasi umum.

Cara naik transportasi umum dari bandara Attaturk ke Sultanahmet
Pengunjung dari atttaturk Airport naik metro  dan turun di halte Zeytinburnu. Dari Zeytinburnu berganti naik Tram jurusan Kabatas ( tram yang arah dari Bagcilar ke Kabatas)  dan turun di halte Sultanahmet.


Blue mosque



Halaman Blue mosque yang indah



Hagia Sophia
Hagia Sophia merupakan bekas gereja yang kemudian di ubah menjadi mesjid dan sekarang menjadi museum Hagia Sophia. Berdasarkan sumber dari wikipedia, ketika konstantinopel di taklukkan Sultan Mehmed 11, beliau turun dari kudanya dan bersujud syukur kepada Allah, lalu pergi ke gereja Hagia Sophia dan memerintahkan untuk mengubahnya menjadi mesjid yang di kenal dengan Aya sofia. Jumatnya langsung diubah menjadi mesjid untuk shalat jumat. Berbagai modifikasi dilakukan agar sesuai dengan nuansa mesjid. Pada masa Mehmed 11 dibuat menara dibagian selatan dan pada masa selim 11 membangun lagi 2 menara dan mengubah bagian bangunan yang bercirikan gereja dengan menganti tanda salib yang terpampang pada puncak kubah dengan hiasan bulan sabit. Selama hampir 500 tahun Hagia Sofia berfunsi sebagai mesjid, patung-patung, salib dan lukisannya dicopot dan ditutupi cat. Namun tahun 1937, mustafa kemal ataturk mengubah hagia sophia menjadi museum. Beberapa bagian dinding dan langit-langit di kerok dari cat-cat kaligrafi hingga di temukan kembali lukisan-lukisan sakral kristen. Sejak saat itu gereja hagia sophia dijadikan salah satu objek wisata terkenal oleh pemerintah turki di Istanbul. 



Haghia Sophia


Dimana alamat Haghia sophia?
Haghia sophia beralamat di Ayasofya meydani, sultanahmed fatih, karena berdekatan dengan mesjid biru maka cara kesana juga sama seperti ke mesjid tersebut.



Setiap tempat bagus dijadikan objek kamera


Yang menarik untuk dipotret


Topkapi palace
Topkapi palace merupakan bekas istana tempat kediaman sultan utsmaniyah yang sekarang menjadi salah satu museum populer di Istanbul. Museum yang di lengkapi dengan berbagai barang-barang peninggalan dunia islam seperti pedang dan jubah Nabi Muhammad SAW. Museum ini juga telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO. Topkapi palace ini beralamat di Gulhane park, near sultahnahmet square, Istanbul. Masih di area sultanahmed juga.


Pintu masuk Topkapi Palace

 
Model udah mulai lelah


Dolmabahce palace
Dolmabahce palace merupakan bekas rumah bagi enam sultan pada tahun 1856, sampai penghapusan kekhalifahan tahun 1924. Berdasarkan Mr. Wikipedia sultan terakhir yang tinggal di sana adalah khalifah Abdulmecid effendi. Akhirnya berdasarkan undang-undang tanggal 3 maret 1924 mengalihkan kepemilikan istana untuk warisan nasional Republik Turki. Istana ini menjadi museum yang popular berisi berbagai macam fasilitas peninggalan para sultan dahulu termasuk tempat tidur terakhir yang digunakan attaturk. Istana ini terdiri dari tiga bagian yaitu mabeyn-I humayun ( di peruntukkan untuk laki-laki), muayede salonu (ruang upacara) dan harem-I humayun ( harem, apartemen perumahan keluarga dari sultan). Istana ini memiliki luas 45.000 m2 (11,2 hektar) dan berisi 285 kamar, 46 ruangan, 6 mandi (hamam) dan 68 toilet.


Dolmabahce palace yang sangat megah


Bosphorus
Bosphorus adalah sebuah selat yang memisahkan Turki bagian eropa dan bagian asia, selat ini juga menghubungkan anata laut marmara dengan laut hitam. 


Menikmati angin sepoi di Bosphorus

Dengan mengunakan bosphorus cruises pengunjung dapat mengelilingi perairan Turki bagian eropa dan bagian asia, pengunjung juga dapat ke Kabatas dan Harem mengunakan Bosphorus cruises ini. Ada tersedia banyak jenis Bosphorus cruises tentunya dengan harga yang bervariasi, untuk jenis tour keliling perairan Turki bagian eropa dan bagian asia biasanya dengan tarif sekitar 10-30 lira perorang tergantung fasilitas yang disediakan, namun kalau hanya ingin ke Kabatas, Harem dan Uskudar dengan mengunkanan transpostasi air, cukup membayar dengan token atau tiket seharga 3 lira untuk satu tujuan.


 
Bosphorus Cruises


Hippodrome
Hippodrome artinya tempat pacuan kuda. Hippodrome yang terdapat di Turki merupakan bekas tempat pacuan kuda yang dibangun oleh kaisar romawi pada masa kekaisaran byzntium. Namun sekarang yang tersisa hanya beberapa tugu monumen saja salah satunya obelisk mesir.



Di hippodrome depan obelisk mesir



Di hippodrome bersama ummi Qulun dari palestine


Grand bazaar
Grand bazaar merupakan bazaar yang menjual segala macam produk barang Made in Turki seperti pakaian, souvenir, permadani buatan tangan, dll. Jadi kalau mau shopping murah meriah maka bazaar inilah tempat yang tepat, namun tetap waspada juga dalam tawar menawar, jika pandai menawar kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah atau sebaliknya.


Grand Bazaar


Yuks borong Jilbab di Grand Bazaar



Area berbukit di Grand Bazaar



Spice bazaar
Spice bazaar merupakan bazaar yang khusus menjual makanan dan rempah-rempah turki, jika ingin menikmati kopi khas Turki, di bazaar inilah kita dapat membeli langsung di kedai pengolahannya.


Spice Bazaar


Objek-objek wisata yang jadi  bidikan saya dan suami saat di turki, potret-potret disini hanya mengunakan kamera handphone dan handycam biasa, makanya hasilnya banyak yang blur alias kurang cerah dan menarik, huhuhuhu kepingin juga punya kamera yang besar seperti teropong sehingga hasilnya mengugah selera.


 
Didepan Universitas Turki
 


Rumah-rumah diatas bukit di Istanbul



Suasana bosphorus di kota Harem



Suasana kota Harem





Lihat juga tentang   :    Mengembara  ke negeri Istanbul   ( ^ _^ )














58 komentar:

  1. Wow, informasi yang datang tepat pada waktunya ini, cut adek. Catat dan masukin ke agenda ah. Ntar harus bisa foto2 and narsis di tempat2 ini juga ah! Trims yaaa. Btw, itu foto berbaju merah, disamping ibu dan bapak [turkey] itu, kok dirimu jadi terlihat mungil banget yaaa? Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan lisa yang mungil akak, tapi mereka yang tinggi besar
      (^_^)

      Hapus
  2. Turkey bener-bener indah yaaa. Ga sabar deh ingin segera bisa kesana. Beruntungnya dirimu, yang bisa tinggal di belahan Eropa sana. Bisa berkeliling dan menjelajah indahnya negeri-negeri itu. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Allhamdulillah saya dapat kesempatan kesana
      makasih ya udah mampir

      Hapus
  3. grand bazaar mahal..huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. akak di grand bazaar tu mahal klo belanja dekat lorong utama, karena biaya sewanya mahal, tapi klo belanja kat dalam2 sikit harganya murah ja

      Hapus
  4. Kalau belanja di grand bazar haru bisa milih lokasinya biar tidak dapat harga yang mahal. Namun, kualitas berang juga akan tetap menjadi dominan akan pentapan harga yang di jual para pedagangnya loh mba.

    Tempat yang indah. Dan banyak cerita sejarah yang menarik untk dapat di eksplore dengan keindahannya ya Mba.

    Salam wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Istanbul meng sangat indah sekali
      terima kasih ya udah mampir

      Hapus
  5. Wow..indahnya Istambul.. Itu impianku suatu saat bisa ke sana.. Mksh postingannya nice banget mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama
      makasih juga udah mampir

      Hapus
  6. kapan ya bisa ke istanbul..duit aja gak punya hehe
    baydeway makasih atas sharenya teh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih juga udah baca blog saya

      Hapus
  7. haduh, makin ngiler pengen ke Turkisambil berburu benang :b

    BalasHapus
  8. MasyaAllah, luar biasa indahnya.

    BalasHapus
  9. Subhanallah......indah sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Allhamdulillah, saya bisa melihat negeri indah tersebut

      Hapus
  10. Balasan
    1. iya sangat indah, Allhamdulillah

      Hapus
  11. uhuy, bagus-bagus fotonya mbak :D

    BalasHapus
  12. banyak tmp2 menarik di Istanbul, ya. Btw, knp dinamain blue mosque> #penasaran :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mesjid ini dinamakan blue mosque mungkin karena interiornya berwarna biru, tapi klo saya lihat ga terlalu dominan warna birunya

      Hapus
  13. wah asik yah... banyak pemandangan bagus....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Istanbul memeng sangat indah

      Hapus
  14. aku pernah baca novel settingnya di turki mbak wah ini lebih jelas foto2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. penasaran pingin baca juga novelnya

      Hapus
  15. saya pernah baca novel Istanbul. ngebayangin aja keren kali, apalagi kakak yang udah kesana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa ya judul novelnya, pingin baca juga

      Hapus
  16. hmm.. diliat dari foto2nya terlihat bersih kotanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. lumayan bersih juga kayak di Indonesia (°_°)

      Hapus
  17. asik euy di sana. kuliah ato kerja mba? udah lama ya di sana. yg bener istanbul ato istambul seh.. dari dulu sering denger istambul. semoga sukses mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya di ke Istanbul hanya untuk liburan aja beberapa hari, yang betulnya Istanbul, bukan Istambul

      Hapus
  18. Sumpah bikin envy, pingin banget bisa ke turky. Nabung nabung nabung ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. buruan penuhin tabungannya

      Hapus
  19. Subhanallah, indah sekali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbak sudah mampir, maaf baru balas krn baru lihat komentnya

      Hapus
  20. kapan saya bisa kesana..??

    BalasHapus
  21. wow... keren2 banget tempat2nya. Duh... kapan ya aku bisa juga kesana.
    BTW catatannya lengkap dan detil, jadi siapa yg mau kesana gak bakal nyasar setelah baca tulisan di atas mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi semua yang baca

      Hapus
  22. Aku suka sekali dg arsitekturnya... bener2 bagus ya?
    Gak bosen aku lihat bangunan2nya mbak.
    Makasih sharing foto2 yang keren,

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih juga sudah mampir kemari

      Hapus
  23. Aslm mba mau tanya kalau penginapan murah di istanbul di daerah mana ya?kira2 kalau perempuan sendiri aman ga tinggal disitu?
    kemarin mba sempet ke ankara ga?menurut mba ankara penting untuk didtangi atau istanbul sudah mewakili semua sejarah/obyek wisata turki?terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam
      menurut saya paling hemat kalau menginap di daerah sultan ahmed atau sirkeci. karena lokasi tersebut dekat dengan objek wisata dan penginapan disana juga tidak terlalu mahal klo kita booking saat ada promo atau jauh2 hari.
      trus kalau wisata ke Turki baiknya jangan sendiri, kurang aman saya pikir kalau ke Turki sendiri.
      saya ga ke Ankara, mungkin di ankara da tempat wisata yg bagus juga, namun klo hanya ke istanbul saya pikir sudah mewakili juga, soalnya di Istanbul lengkap objek wisatanya

      Hapus
    2. Kalau boleh tau gimana caranya mesen penginapan di daerah sultan ahmed atau sirkeci jauh2 hari?apakah lewat website atau apa mba?Terimakasih

      Hapus
    3. mbak sukma boleh ga bagi link blognya, soalnya saya mau mampir ke blog mbak ga bisa krn ada google plus
      saya biasa pesan hotel melalui web booking .com

      Hapus
    4. Maaf mba aku ga ada blog,hehe rencana bikin tapi belum terealisasi.hihihi

      Hapus
  24. Mbak lisa, tanya dong...flight dari indo pake maskapai apa y? Boleh tahu kisaran harga tiketnya? Makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak pilihannya mas Zul
      saya dulu dari Jerman naik Turkish airlines
      kayaknya dari Indonesia ada juga turkish airlines ini, coba cek aja di web
      harganya variasi tergantung booking juga

      Hapus
  25. Assalamualaikum, mbak di Turki untuk makanan Halal bagaimana susah gak carinya, soalnya kita turis ekonomi sedang so banyak jajan kaki lima bukan di restaurant he he .. oh ya klu di Grand Bazaar ada yang jualan barang barang dari kulit imitasi gak ( Oscar ) .. makasih mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam

      untuk makanan halal di Turki sangat mudah mbak, malah jajanan kaki lima disana harganya hampir sama juga dengan di Indonesia. Kalau mbak mau hemat mungkin bisa coba alternatif membawa alat pemanas air atau rice cooker kecil plus makanan instan, setidaknya saat di hotel bisa masak susu untuk sarapan atau mie instan, krn saya masih perut Indonesia, jadi klo jalan-jalan ke eropa selalu saya bawa pemanas untuk buat susu, telur, plus mie, dll

      Hapus
    2. oya di bazaar banyak dijual berbagai macam barang yang lengkap, namun klo mau murah, belinya jangan di lorong utama pintu masuk tp coba cari disekitar dalam, krn di pintu utama biaya sewanya klo tak silap lebih mahal drpd yg di gang dalam shg harga jualnya pun lebih tinggi.

      Hapus
  26. Assalamualaikum wr. wb.

    Alhamdulillah menemukan tulisan ini. Rencananya bulan Mei nanti saya dan beberapa teman, semuanya senior citizens dan cewek semuanya, akan jalan2 ke Turki, khususnya ke Istanbul.

    Tadinya kami mau ambil paket tur, tetapi semuanya terlalu lama antara 10 dan 11 hari, dan setiap hari pindah kota, naik bus. Orang seumuran kami pasti bakal kecapekan. :-)

    Nah, berdasarkan saran teman2 yang pernah ke sana, cukup ke Istanbul saja karena di kota ini pun banyak sekali objek wisata yang patut didatangi.
    Menurut Lisa, apakah kami pelru juga jalan2 ke luar kota Istabul dan menginap di situ? Saya sudah menguhubungi sebuah travel agent di Turki, dia menyarankan ke Cappadocia, naik pesawat.

    Untuk 3 malam di Istanbul dan 2 malam di Cappadocia, lengkap dengan tur dan tiket pesawat domestik, ditotal sekitar $1770. Subhanallah, hehehe

    Akhirnya, setelah membaca pengalaman Lisa, kemungkinan besar kami akan jalan sendiri saja: beli tiket Emirat yang lagi promo, cari hotel di agoda atau booking.com di kawasan yang sudah disarankan Lisa, dan cari brosur di hotel untuk kemudian mengembara bersama-sama naik tram dsb.

    Sekali lagi, terima kasih untuk informasinya ya dear. Salam dari seorang nenek bercucu 3 di Bandung, yang suka jalan2. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam Wr.Wb

      Allhamdulillah jika tulisan lisa dapat membantu nek sofia ( maaf lisa panggil sebutan nek krn di akhir tulisan nek sofia menuliskan nenek 3 cucu, walau pun pada kenyataannya padahal nek sofia masih awet muda)

      menurut lisa liburan dengan perencanaan sendiri biasanya jauh lebih hemat dan menyenangkan daripada mengunakan travel, tentu saja dengan berbekal pengalaman orang lain dan peta.

      wisata di kota Istanbul sebenarnya sudah lengkap, namun jika memang nek sofia punya waktu lebih mungkin bisa jalan-jalan ke kota lain yang ada di Turki, seperti ke pamukale, angkara, dll

      untuk hotel saya sarankan boleh mengunakan jasa booking.com yang pembayarannya dilakukan saat tiba di Turki.

      selamat berlibur, semoga liburannya menyenangkan
      semoga diberi kesehatan dan keselamatan dalam perjalanan




      Hapus


Jangan lupa tinggalkan jejak ya biar mudah untuk silahturrahmi kembali, sekalian masukannya untuk perbaikan tulisan di masa yang akan datang.

oya semua foto-foto di sini punya saya pribadi, bagi sahabat yang ingin share foto-foto atau tulisan dalam blog ini, boleh saja tapi jangan lupa bagi tahu saya dulu sekalian nulis source.

Terima kasih karena telah mampir ( * _* )