Kamis, 22 Agustus 2013

Catatan Pisa : Keunikkan Torre Pendente



                                                                 Oleh : Lisa Tjut Ali



Allhamdulillah akhirnya ketemu juga dengan si miring, maksudnya menara miring pisa. Di kota Pisa, pengunjung dapat melihat keunikkan menara miring pisa atau Torre Pendente. Sebenarnya di Pisa bukan saja ada menara pisa, banyak bangunan sejarah lainnya yang juga menarik perhatian pengunjung, jika sudah sampai ke area menara miring ini. Semua gedung di sana serba putih dan berdiri kokoh di halaman yang berumput hijau. Kalau musim panas, banyak para turis  yang jemuran di rumput samping menara. Duduk dan tiduran depan menara miring ini sangatlah nyaman sambil lihat gaya-gaya pengunjung yang seolah seperti orang miring ada yang bergaya memeluk menara, mencium, menendang, bahkan ada yang membalikkan jungkir balik. Bukan saja menara yang miring, orang –orang yang berkunjung pun ikutan  miring tanpa sengaja, alhasil saya dan suami ikut miring juga, sekalian ganti gaya jangan foto gaya dua kelinci selalu.

Sebenarnya menurut sejarah menara pisa ini tidak miring bentuknya, akibat kesalahan teknis pondasi yang tidak sempurna, saat terjadi pergerakkan tanah pondasi menjadi longsor kedalam, sehingga  bentuknya jadi miring. Saat saya lihat langsung, jelas terlihat bahwa menara pisa itu miring karena tanahnya yang udah longsor istilahnya tanah nya udah turun karena kurang padat. Dan uniknya,  longsornya tanah tidak membuat bangunan ini retak, hanya miring saja, malah permukaan lantai dasarnya yang longsor itu kelihatan masih rata seolah-olah seperti sengaja di buat miring. Padahal yang sering kita lihat lantai rumah yang longsor akan retak lantai dasarnya, terutama yang terbuat dari keramik. Itulah salah satu keunikan. Dan ini merupakan salah satu bukti  kekuasaan  Allah.  Menara ini Beralamat di piazza del Duomo, 56126 pisa.  Dari stasiun pisa central tidak jauh untuk menuju menara ini, cukup berjalan kaki sekitar 15 menit sambil motret-motret suasana kota pisa. Untuk ke menara ini kita dapat melintasi pertokoan yang menjual souvenir sehingga 15 menit berjalan kaki itu tidak terasa  lama.







Bangunan serba putih disini




Akhirnya bisa foto juga bareng suami




Tips – tips liburan liburan murah meriah

Liburan itu ternyata tidak selamanya memerlukan dana yang besar, bahkan dengan dana papas an kadang kala kita bisa traveling ketempat yang indah. Banyak orang mengira travelling ke tempat-tempat popular akan memerlukan biaya yang besar, padahal belum tentu asal kita tahu triknya.  Ini dia jurus jitu memburu traveling murah meriah :

1.    Booking hotel, tiket penerbangan, tiket transportasi dalam kota,  lebih awal sebelum rencana liburan untuk  mendapatkan harga promo atau diskon ( rajin-rajin buka web untuk cari penerbangan yang termurah)

2.  Sebelum berangkat biasakan buat planning tempat-tempat yang ingin di kunjungi, termasuk jenis transportasi dan biayanya  sehingga saat sampai ke tempat tujuan, kita dapat mendahulukan mengunjungi wisata yang lebih dekat dan searah, sehingga dapat menghemat biaya tanpa naik transportasi berulang kali pada jalur yang sama, dengan begitu waktu dapat digunakan secara efisien

3.  Jangan lupa buat asuransi perjalanan yang berlaku untuk tingkat Internasional untuk menghindari hal-hal yang tak di inginkan

4.     Pilih penginapan yang dekat dengan objek wisata, biar irit biaya transportasi

5.   Jika ingin shopping seperti membeli souvenir, cari tahu dahulu dengan telunjukkmu melalui mas google atau tanya pengalaman teman, untuk dapat info lokasi shopping termurah dengan kualitas bagus agar tidak tertipu.

6.   Jika ingin mengunjungi beberapa negara maka traveling secara berantai lebih hemat. Misal berencana untuk ke negara Jerman, Autria dan swiss, maka kunjungi ketiga tempat itu dalam satu paket traveling sehingga kos penerbangan lebih hemat. Daripada satu perjalanan untuk satu tujuan. Selamat traveling, jelajahlah dunia, pelajari alam, ilmu, serta budayanya, dan  jadikan semua itu sebagai rasa syukur.







      Lihat juga  Mengembara ke Negeri Marco Polo
      Mampir di  AC Milan di San Siro
      Juga ada catatan Romantiknya Gondola di kota kanal
     








23 komentar:

  1. Wow subhanallah ... pengalaman liburannya kaya rasa ya mbak. Makasih sudah berbagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih juga mbak mugniar udah mampir

      Hapus
  2. waaah, keren. kapan ya bisa ke sana jugaaa x)))

    BalasHapus
  3. waduhh bikin iri bener mbaknya.. haha

    ditunggu perjalanan selanjutnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh ini postingan ga maksud bikin ngiri
      tapi sekedar bagi pengalaman, siapa tahu ada yang kesana bisa belajar dr pengalaman saya

      Hapus
  4. hmmm, jadi pengen ikut mengembara kesana nih :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. selagi muda mengembara terus, hehhehehhehee

      Hapus
    2. duitnya mb,,,,,,
      lom ada angggaran

      Hapus
    3. iya tinggal cari duitnya

      Hapus
  5. wuihhhh,,,,keren abeeesssss
    kpan ya bisa kesana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapan ya?
      duit mana duit, hehhehhhehee

      Hapus
  6. menara pisa lebih dekat,beneran mbk berrasa disitu...*nyenengin hati sendiri,mupeng

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih ya mbak Hanna selalu mau mampir kemari
      semoga tulisan saya ini bisa nyenengin mbak Hanna

      Hapus
  7. Hari-hati menaranya jatoh...pegang yang kuat ya :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya eki, ini lagi ditegakkan biar ga mirin lagi

      Hapus
  8. saya selalu suka catatan perjalanan mba lisa, ;)

    BalasHapus
  9. ktnya setiap saat kemiringan menara pisa ini bertambah tp bangunan2 sekelilingnya gak ikutan miring, ya? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin krn pondasinya ga kuat ya mbak

      Hapus
  10. Menyimak ... Selalu asyik menyimak cerita jalan-jalan ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan disimak baik-baik ya, hehhehehehhe

      Hapus
  11. Tuh kan beneran deh, happy ngeliat mbak lisa sama suami jatuh cinta <3

    Salam,
    Gianta

    BalasHapus


Jangan lupa masukannya untuk perbaikan tulisan di masa yang akan datang.

oya semua foto-foto di sini punya saya pribadi, bagi sahabat yang ingin share foto-foto atau tulisan dalam blog ini, boleh saja tapi jangan lupa bagi tahu saya dulu sekalian nulis source.

Terima kasih karena telah mampir ( * _* )