Senin, 19 Agustus 2013

Catatan Italia : Mengembara ke Negeri Marco polo



Oleh : Lisa Tjut Ali


Italia negara yang sangat indah. Ibukota Italia yaitu Roma. Bagi pengunjung yang suka sejarah tentang Romawi kuno, suka shopping, gila bola, suka suasana romantik dan pengemar pizza, Italia merupakan tujuan wisata yang tepat. 

Administrasi ke Italia

 Liburan ke Italia persiapannya sama saja dengan liburan ke tempat lain di eropa. Administrasi ke Italia untuk warga negara Indonesia,  selain harus persiapkan passport  juga harus mengurus visa di kedutaan, karena untuk negara Italia tidak berlaku visa on arrival yang di urus di bandara. Namun bagi yang menetap di eropa dan memiliki visa change, boleh mengunakan visa tersebut untuk ke Italia.

Penerbangan ke Italia

Sekarang sangat banyak layanan penerbangan ke eropa yang dapat kita pilih sesuai bajet. Bagi pengunjung yang ke Italia melalui eropa, penerbangan ryan air pun jadi pilihan. Penerbangan ryan air terkenaldengan penerbangan yang termurah di eropa.  Saya ke Italia mengunakan ryan air dari Airport weze ke venice Treviso. Dengan Ryan Air dari airport weze (Jerman)  ke Venice Treviso hanya 15 euro.

Transportasi di Italia

Di Italia  memiliki banyak fasilitas transportasi seperti train, tram, metro, bus dan taxi.  Train di Italia di gunakan sebagai transportasi antar kota. Selain mengunakan pesawat, pengunjung juga dapat mengunakan fasilitas tren ini untuk mengembara dari Milan ke Venice, Pisa dan Roma. Biaya tren ini juga bervariasi menurut jenis tren dan kelas yang kita pilih.  Saya sendiri memilih trenitalia untuk mengelilingi kota-kota besar yang ada di Italia. Untuk mengelilingi objek-objek wisata dalam kota, pengunjung dapat naik tram, bus, metro. 

 Harga transportasi dalam kota Italia pun bervariasi antara kota yang satu dengan kota yang lainnya.  Pengalaman saya, harga tiket transportasi di Roma lebih mahal di bandingkan di Milan.  Pengunjung pun dapat memilih berbagai variasi tiket sesuai dengan lama waktu wisata, selain ada tiket per trip, juga ada tiket harian, minggguan bahkan bulanan.  Tiket jenis harian, minggguan dan bulanan ini dapat di gunakan untuk transportasi jenis tram, bus dan metro selama seharian penuh bagi yang membeli tiket harian, dan seminggu atau sebulan penuh bagi yang membeli jenis tiket mingguan dan bulanan. Tiket seharian di Milan 4.50 euro perhari. Tiket seharian di Roma 6 euro perhari ( 1 € = Rp. 12.000). Tiket-tiket dalam kota ini selain dapat di beli di loket, di mesin juga dapat di beli di toko-toko yang ada tanda T ( Tabachi).  

Namun bagi pengunjung yang baru pertama kali ke Italia sebaiknya jangan membeli tiket di mesin, hal ini untuk menghindari resiko kekeliruan dalam membeli tiket sehingga puluhan euro hilang, jadi cara aman, beli saja tiket di loket atau toko-toko sekalian menanyakkan info tentang transpostasi. Biasanya jika beli di loket pengunjung akan mendapatkan peta petunjuk mengenai transportasi yang dapat di gunakan untuk menuju ke tempat-tempat objek wisata.

Saat naik ke tiga transportasi tersebut, jangan lupa untuk scan  atau validasi tiket-tiket tersebut di mesin yang tersedia di pintu masuk tram, metro dan bus. Kalau tidak  puluhan euro melayang untuk membayar denda jika ada pemeriksaan oleh petugas, untuk wilayah Jerman saja sekali denda jika lupa validasi sebesar 40 euro. Bahkan berdasarkan pengalaman saya di Jerman saat naik bus,  jika muntah dan tidak membersihkannya saja akan kena denda.

Memburu Makanan halal di Italia

Saat berkunjung ke Italia, selektif lah dalam memilih makanan, terutama bagi yang muslim, pilih lah makanan yang halal dalam artian makanan tidak mengandung unsur babi dan alkohol. Berdasarkan pengembaraan saya selama di Italia ada dua kota yang saya dapati makanan halal yaitu di area Pisa central dan Roma termini. Biasanya restoran-restoran ini tertulis di pintu masuk tanda “ Helal” .  untuk memastikannya pengunjung dapat bertanya pada pelayan restoran apakah semua hidangan di restoran tersebut halal. Pengalaman saya  di Jerman, sering juga mendapati restoran bertuliskan logo halal namun menjual hidangan yang bervariasi halal dan non halal,  jadi bertanya langsung adalah cara yang bijak, terutama dengan alasan yang sopan, katakan saja faktor kesehatan misal kita alergi dan di larang dokter untuk makan makanan mengandung babi dan alkohol. Saya pikir dengan alasan kesehatan, mereka akan lebih menghargai dan mau menjelaskan tentang hidangan makanan yang ada di restoran mereka. Allhamdulillah selama pengembaraan saya, pelayan restoran selalu melayani dengan baik dan jujur.

Mengintai Souvenir keren di Italia

Jalan-jalan tanpa souvenir biasanya kurang lengkap. Nah di Italia dalam membeli souvenir juga harus teliti lihat peluang dan lokasi. Biasanya lokasi sangat menentukan harga. Untuk souvenir di kota Venice, pengunjung dapat membelinya di sepanjang jalan di luar area stasiun Santa S Lucia. Di sepanjang lorong di luar stasiun banyak di jual souvenir yang harganya jauh lebih murah di bandingkan harga dalam stasiun. Begitu juga ketika berada di kota Roma, harga souvenir di jalan Carvour jauh lebih murah di bandingkan harga souvenir di area Coloseum dan Stasiun. Untuk souvenir di kota Pisa pengunjung dapat membelinya pada penjual-penjual berbangsa Bangladesh, umumnya mereka bisa berbahasa melayu dan menjual dengar harga yang lebih murah. Untuk satu souvenir mereka menjualnya 1 euro bahkan kalau pandai menawar bisa dapat 6 buah 5 euro.

Yang harus di waspadai saat di Italia

1. Di Italia terkenal dengan banyaknya pencopet anak-anak, karena itu waspadalah ketika ada bocah cilik mendekati, karena bisa jadi mereka penyeluk saku, pencopet saku
2. Jangan pernah mengambil barang-barang yang di berikan masa perjalanan seperti biji jagung, kacang, gelang benang, karena sebagian itu merupakan motif mereka untuk meminta uang, awalnya mereka memberi gelang secara free, lalu saat gelang itu pengunjung ambil maka mereka akan mengejar untuk minta uang, itu adalah motif yang sering terjadi di Italia
3. Hati-hati juga saat memotret orang-orang di italia karena sebagian mereka akan meminta uang dengan jumlah tertentu jika pengunjung memotret tanpa perjanjian.

Persiapan saat liburan ke Italia :

1. Jangan lupa membawa obat-obatan, walau di Italia ada apotik namun tak selamanya obat-obat di Italia cocok untuk kita sekeluarga
2. Bawa bekal makanan instan seperti mie instan, sebagai bekal awal kalau tidak menemukan restoran halal
3. Membawa Alat masak seperti rice cooker atau pemanas air ukuran mungil untuk masak nasi, kentang, rebus telur dan masak air untuk buat susu sebagai sarapan pagi
4. Pelajari beberapa kata dalam bahasa Italia atau bawa kamus bahasa Italia untuk memudahkan pengunjung dalam komunikasi atau berbelanja, karena tidak semua orang Italia bisa komunikasi bahasa Inggris


Kota-kota yang menarik untuk di jelajah di Italia

Di Italia banyak sekali kota yang dapat di jadikan tujuan wisata. Setiap kota punya daya tarik tersendiri. 

Venice

Bagi yang suka suasana romantik dengan wisata air maka venice adalah wisata yang tepat. Di sana pengunjung dapat menikmati gondola mengelilingi venice sambil di nyanyikan lagu klasik oleh si pengayuh gondola


Venice


       Pisa

Di kota pisa, pengunjung dapat melihat keunikkan menara miring pisa. Sebenarnya di Pisa bukan saja ada menara pisa, banyak bangunan sejarah lainnya yang juga menarik perhatian pengunjung. Semua gedung di sana serba putih dan berdiri kokoh di halaman yang berumput hijau.


Menara Miring Pisa


Milan

Pengunjung yang hobi bola atau pengemar AC milan, dapat  ke kota ini. Di milan terdapat lapangan San siro yaitu kandangnya tim AC milan dan Inter milan. Selain terkenal dengan San siro, di Milan juga terdapat Galleria yang terkenal sebagai pusat model dan pusat  perbelanjaan tertua di dunia. 




San siro


Roma

Pengunjung yang suka dengan kisah-kisah sejarah, Roma adalah pilihan wisata yang paling cocok di Italia. Disana selain terkenal dengan coloseum juga terdapat berbagai castle-castle peninggalan tempo dulu yang memiliki banyak cerita sejarahnya.





Coloseum







Kisah tentang kota-kota di Italia secara lebih detail dapat di baca pada catatan berikut ini :
  

 Romantiknya Gondola di kota kanal 
AC Milan di San Siro













32 komentar:

  1. itu foto Lisa yang lagi tiduran dan menopang kaki pada geduhg menara Pisa, keren, wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti gaya eki, jangan foto gaya dua jari melulu, hehehehhhehehe

      Hapus
  2. wah pegi itali... venice cantik i likeee :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak venice memang cantik

      Hapus
  3. wah pengen ke Milan, pengen ke geuseppe Meazza...
    tapi kapan ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga keinginannya cepat kesampaian. Amin
      tapi jangan lupa ngajak-ngajak ya, hehhehehhehhee

      Hapus
  4. wow, mantappp banget mba, indah yagh :D aku juga pengen ke Milan sama kek mas Insan, pengen masuk ke stadionnya Milan :D

    BalasHapus
  5. Wow, keren banget, sayangnya ga cukup waktu untuk lanjut ke Italia dan bertemu para Italiano kemarin ituh. Hiks...

    Bookmark halaman ini ah, mana tau ke depan nanti lanjut ke negerinya Mas Marcopolo. Trims info menariknya, Cut Adek! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. lisa juga pingin ke belarus cut kak
      kapan ya lisa di ajak kesana

      Hapus
  6. mbaaaaaaak.. ajak aku ke Itali dooooong T_____T
    Pengen

    BalasHapus
  7. ternyata italia banyak juga pencopetnya..banyakan mana dengan pencopet di indonesia ya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dimana-mana selama manusia perlu makan pasti ada pencopet, wkkkkkkkkk

      Hapus
  8. Apa? Muntah nggak dibersihin kena denda? Alhamdulillah aku hidup di Indonesia. hihihi
    Apa? Anak-anak di sana ngeri juga.
    Souvenir? Hihihihi, terimakasih infonya Mbak :)
    Teriamaksih mbak infonya :)
    Aku bookmark ini postingan, semoga suatu hari saya bisa ke Italia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih juga sudah mampir kesini

      Hapus
  9. huwah,pengen ke eropahhhhhh mbkkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo buruan kemari, bungkus terus bajunya ya, saya tunggu di sini, hehehehhhehehe

      Hapus
  10. salam kenal kakak... aku juga inong Aceh lho ;)

    btw asyik bener jalan2 ke Itali... mupeng niiihh... aku juga mo ikutan bookmark ahh postingan kakak, jadi kalo someday ke Italia sudah siap tempur ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga
      ternyata banyak juga ya inong aceh yang hobi nulis

      Hapus
  11. Best ya pegi banyak bandar di Italy. Kami pernah smpi Venice je, yg lain tu belum..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya semua bandar kat eropa tu sama aja ya, pemandangan dan gedung nya itu-itu aja, hehhehehehhe
      makasih ya sudah mampir kat blog lisa

      Hapus
  12. Italia = Intermilan *eh*

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketahuan nie mbak titis pengemar intermilan

      Hapus
  13. halo mbak lisa salam kenal..mba lisa apa ada mengunjungi ke selatan itali? seperti teluk capri, sorrento, dsb? saya cari travel agents gak ada yang kesana..kalopun ada mahal; sekali..hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya tidak sempat kesana, mungkin karena lokasinya jauh makanya harganya relatif lebih mahal

      Hapus
  14. Luar biasa... keren ! Italy selain menyimpan sejuta misteri melalui peninggalan-peninggalan sejarahnya, juga terdapat pesona keindahan bagi pecinta sepakbola. Terima kasih atas info dan ulasannya, semakin terinspirasi untuk ke Italy. Semoga suatu saat nanti.
    Sukses selalu! Salam :)

    BalasHapus
  15. liburan-italia.blogspot.com

    BalasHapus
  16. Bonjour :)

    TERIMA JASA SEWA MOBIL DI PARIS, ITALY, BELANDA, DAN NEGARA EROPA LAINNYA

    Jasa Rental Mobil dan Tour Guide Eropa sudah ada sejak 2014, Jasa Rental Mobil dan Tour Guide akan membantu anda untuk mendapatkan pengalaman yang berkesan selama di paris dan Eropa, Jasa Rental Mobil juga menyediakan jasa sebagai berikut :

    - Tour Guide di Paris / Negara di Eropa
    - Antar jemput Airport
    - City Tour paris/EROPA
    - Perjalanan Antar Kota Perancis
    - Perjalanan antar negara Eropa

    Dalam hal ini kami mempunya visi dan misi sebagai berikut :

    Selalu ontime dalam mengantar/ menjemput pelanggan.
    Bekerja secara profesional.
    Rental mobil yang selalu menjunjung tinggi nilai keselamatan.
    Memiliki driver yang baik dan ramah.
    Kepuasan pelanggan adalah yang paling utama bagi kami.
    Supir yang kami sediakan sudah terbiasa dengan pelanggan dari Indonesia ( 90 % pelanggan kami berasal dari Indonesia )

    Dengan kapasitas 6 - 7 Orang

    Harga yang kami tawarkan dalam Jasa Rental Mobil sudah termasuk dengan :
    - Bensin
    - Tarif tol
    - Biaya Parkir
    - Supir
    - Free konsultasi Intineray untuk di Paris maupun Eropa

    Harga yang kami tawarkan dalam Tour Guide Paris, Belanda, Italy, Swiss, dll sudah termasuk dengan :
    - Free antar jemput bandara/stasiun
    - Free konsultasi Intineray untuk di Paris maupun Eropa
    - Tidak ada batasan waktu

    Hubungi kami untuk mendapatkan penawaran terbaik :)
    WA : +6281297472721
    Line :
    Email : rioluthfiandana@yahoo.co.id

    BalasHapus


Jangan lupa masukannya untuk perbaikan tulisan di masa yang akan datang.

oya semua foto-foto di sini punya saya pribadi, bagi sahabat yang ingin share foto-foto atau tulisan dalam blog ini, boleh saja tapi jangan lupa bagi tahu saya dulu sekalian nulis source.

Terima kasih karena telah mampir ( * _* )