Selasa, 21 Mei 2013

Catatan Belanda : Kebiasaan bersepeda di Holland


                                                                                             Oleh : Lisa Tjut Ali


Ketika berkunjung ke belanda, jangan heran jika banyak menjumpai orang-orang yang mengunakan sepeda. Di belanda, selain mengunakan mobil-mobil mewah, mengunakan sepeda memang sudah menjadi kebiasaan. Hal itu dapat terlihat dari ribuan sepeda terparkir hingga beberapa tingkat disana. 

Saya pikir ini sebuah kebiasaan yang sangat baik, selain dapat mengurangi polusi udara, juga sangat bagus untuk kesehatan. Sekarang ini bukan saja di Belanda, hampir seluruh negara menganjurkan masyarakat mengunakan sepeda dan kendaraan umum untuk mengurangi polusi udara dan kemacetan lalu lintas.

Semoga saja suatu saat nanti, sepeda dapat menjadi penganti mobil, sehingga alam menjadi segar dan bersahabat lagi. 

Walau sudah beberapa negara yang saya kunjungi, namun baru kali ini saya lihat tempat parkir sepeda hingga beberapa tingkat, tak lupa saya abadikan pemandangan yang saya anggap unik itu dengan kamera, ini dia hasil tangkapan saya.  




Tempat parkir sepeda



Apa tidak ketukar sepedanya



Bersepeda itu sehat






27 komentar:

  1. aku sekarang dah lupa naik sepeda :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena udah kelamaan ga naik sepeda kali, hehehhehehee

      Hapus
  2. Patut ditiru nih... Kalau di Indonesia khususnya di Jakarta seperti ini, sungguh indah pemandangan Jakarta :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo indonesia udah budaya naik sepeda, bakalan kayak masa zaman belanda ya, zaman siti nurbaya, btw anggun loe mak mira, klo gadis2 indonesia naik sepeda, apalagi sepeda yang di hiasi sekeranjang bunga:D

      Hapus
    2. padahal sepedaan itu romantis loh hhihi

      coba sepedaan sama gebetan k kantor kerenn

      Hapus
  3. di jogja lumayan mak yang naik sepeda..apalagi ada gerakan sego segawe (sepeda nggo sekolah lan nyambut gawe/sepeda u sekolah dan bekerja)dari walikota terdahulu..tapi sekarang kendaraan roda dua di jogja juga udah ampooonnnn ga nguatin..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. di aceh juga begitu mbak
      sepeda hanya untuk jalan santai-santai tapi budaya naik motor dan mobil itu makin berkembang alhasil sering juga macet di pusat2 pertokoan

      Hapus
  4. Aku pecinta sepeda:)
    Antar jemput anak sekolah, naik sepeda. Jalan2 sore, naik sepeda. Tapi belum berani naik sepeda di jalan raya yang besar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus tu mbak klo sering naik sepeda, naik sepeda itu sehat loe mbak.

      Hapus
  5. klo diindonesia bnyk org yg gak pede naik speda. trlalu smbong mnkn org kt...hahahah...

    tringat di aceh wktu kecil dlu kak cut, masa2 jak beut dlu...hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo orang kita banyak gengsinya, padahal klo di luar negeri justru yang klasik dan natural itu lebih mahal nilainya

      Hapus
  6. Balapan Sepeda yuk mbak... :D

    Salam kenal ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuks-yuks, mau loe
      salam kenal juga

      Hapus
  7. Asyik ya..jika kompak sepedaan gt Mak..jadi ingat teman sy yang punya suami orang Belanda..dulu di ind kemana2 naik mobil..skrg di Belanda..kalau sekolah naik sepeda..seru katanya..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya seru dan romantik naik sepeda, apalagi klo sepedaan di pinggir2 sawah

      Hapus
  8. wow, jdi inget jaman SMP. parkir sepedanya juga rapiiih gtu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo saya sejak SD naik sepeda, jadi ingat sepeda senator hadiah dari ayah

      Hapus
  9. Liat banyak sepeda terparkir, jadi ingat masa sekolah di Ngawi.
    Semua orang bersepeda ria.
    Senang berkendara sambil bercanda ria.
    ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa sekolah dulu memang asyik ya, jadi ingat juga, kemana2 dulu sering dengan sepeda bareng teman2

      Hapus
  10. Lintasan untuk sepeda digunakan untuk parkir bajaj di Jakarta.. piye iki? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok bisa mbak? kurang tertib ya parkirnya

      Hapus
  11. Orang2 Eropa rata2 suka bersepeda ya mbak? . Selain hemat, mengurangi polusi juga.Kesadaran mereka akan lingkungan sudah sangat tinggi.

    Salam dari Kairo ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. rata-rata negara2 eropa sangat memperhatikan lingkungan, dimana2 di galahkan penghijauan, seluruh ruas jalan kiri kanan di tumbuhi pohon maple, hutan di lindungi.

      Hapus
  12. wooooooo...rapinyaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada mak eqi, pa kabar eqi? kita balapan sepeda yuk, hehehehehe

      Hapus
  13. Gimana untuk tau sepeda kita ysng mana ya dengan tumpukan parkir kayak gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya mikirnya juga ngitu mbak Ade, apa ga ketukar itu sepeda, soalnya banyak yang bentuknya sama kan?

      Hapus


Jangan lupa masukannya untuk perbaikan tulisan di masa yang akan datang.

oya semua foto-foto di sini punya saya pribadi, bagi sahabat yang ingin share foto-foto atau tulisan dalam blog ini, boleh saja tapi jangan lupa bagi tahu saya dulu sekalian nulis source.

Terima kasih karena telah mampir ( * _* )